Thursday, August 27, 2015

Bisnis Yang Tidak Akan Merugi

Siapa yang akan menolak penawaran bisnis yang tidak akan merugi? tidak seorangpun, meski dengan pandangan curiga. Apa iya ada bisnis yang tidak akan merugi? pasti untung? dalam bisnis tentu saja ada resiko keuntungan dan ada resiko kerugian. Kalau ada penawaran bisnis yang tidak akan merugi, pasti berniat menipu.

Kecurigaan itu wajar, sewajar orang mengharapkan bisnis yang tidak akan merugi. Nah, Al-Quran menawarkan itu, menawarkan cara agar bisnis tidak merugi, mau?


inna alladziina yatluuna kitaaba allaahi wa-aqaamuu alshshalaata wa-anfaquu mimmaa razaqnaahum sirran wa'alaaniyatan yarjuuna tijaaratan lan tabuura

[Qs.35:29] Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terangan-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.

Al-Quran surat Faathir ayat 29 memberikan inspirasi kepada para pelaku ekonomi untuk menjalankan roda bisnisnya dengan harapan dapat untung terus, tidak ada ruginya. Mau? jalankan tiga hal berikut:

  1. Membaca kitab Allah.
  2. Mendirikan shalat. 
  3. Menafkahkan sebagian rezeki yang diterima. Berinfaq.

Cara Al-Quran itu yang kita terapkan dalam membangun ekonomi berjamaah agar praktik ekonomi riba tidak mendapat ruang diantara kita. Membaca kitab Allah, yaitu Al-Quran, untuk mendapatkan teori bagaimana menjalankan bisnis yang terhindar dari kerugian. Mendirikan shalat untuk mendapatkan pembinaann terus-menerus dalam praktek kolektifitas berjamaah. Dan yang ketiga, mengeluarkan infaq sebagai pondasi dasar dari produktifitas bisnis.

Bagaimana detailnya? kita lanjutkan pada pembahasan berikutnya.





No comments:

Post a Comment